Sebulan Pertama di Australia

Ampun deh gue.! Gitu deh perasaan gue selama bulan pertama gue di Australia. Dari kerjaan yg gak dateng2, urusan administrasi yg gak beres2, sama perlakuan orang2 sini yg jauh dari bersahabat. Personnel2 yg ada disini tuh kayaknya rada2 sara deh dan mereka emang rada nggak nerima pendatang, apalagi yg dateng dari Indonesia.

 

Kalo gue cuman ampun2an, ada engineer lain dari Algeria yg base utamanya di Libya, dia mah ampe garuk2 aspal deh saking keselnya dg perlakuan yg dia terima. Dia tuh ke Aussie disponsorin sama managernya buat belajar tool2 yg ada di Aussie, istilahnya Australia tuh gak usah ngeluarin duit deh buat dia, tetep aja perlakuan gak ngenakin dia terima dari personel2 Roma.

“tau gini gue milih ke Canada deh..!”, “gak percaya gue ada Negara yg gak ngenakin kayak gini!”, “gak akan kemari lagi gue.!”, demikian sebagian keluhan dia ke gue. Yang akhirnya dia memutuskan buat mempercepat masa kunjungannya dan mo ngirim surat ke managernya buat membatalkan ngirim engineer2 lagi ke Aussie.

 

 

Emang sih rada beda perlakuan yg diterima antara engineer bule sama engineer ‘buluk’, apalagi orang Indonesia kali yah. Kalo engineer bule tuh diminta dateng ke sini langsung disediain mobil, hp, nggak pake screening test. Tapi kalo gue….. busset.

 

Gue gak dapet hp soalnya manager sini bilang hp buat gue rusak. Trus gue gak dapet mobil soalnya gue gak punya driver license Aussie.

Walhasil gue biasanya jalan kaki deh ke kantor dari staff house pergi-pulang. Untung gak jauh, cuman 30 menitan. Kadang2 gue naek tebengan sama temen sih, tapi khan gak enak nebeng mulu.

 

Yang paling ngeselin dari semuanya tuh perlakuan personnel Roma, baik Engineernya maupun Operator2nya. Gue tuh dianggep trainee disini. Iya kalo yg nganggep gue trainee tuh adalah orang yg dah experience atau yg jago, mungkin gue gak terlalu penasaran. Yang nganggep gue ‘bego’ tuh rata2 orang yg palingan baru 2 tahunan gawe disini dengan pekerjaan2 sederhana dan tool2 yg ‘cemen-cemen’ dan most of all…. Mereka tuh banyak yg gak tau apa2.!! Buset.. lagaknya sebakul…!!

 

Sampe akhirnya gue harus ngelewatin ‘fit and proper test’ dimana yg ngetes gue tuh mungkin the dumbest engineer yg ada disana dg pengalaman ngejob yg nyaris nol. DAN HASILNYA GUE GAK LULUS..!!!!!  Tuh Engineer bilang ke personnel2 yg laen kalo gue belon bisa dilepas nge-job sendiri.  ….qeQXqzZGhgu#$!@%JHY$#@……

 

Gue dianggep bego gak pa-pa deh, asik2 aja kok, tapi ini dah keterlaluan nih. Selain bakalan ngeganggu income gue, ini juga berarti menyatakan perang…. Secara gue tuh pada dasarnya orang belagu yang gak suka diremehin.

 

Terpaksa gue umumin that I already have 8 years working experience in this industry, dan gue tuh termasuk field engineer senior, dengan international assignment, dan kerjaan2 gue tuh sebelumnya jauh lebih kompleks dan levelnya lebih tinggi daripada di Roma sini.

 

Hggghhh…. Mo marah…. Untung ada yg jual lumpia … (lho.?!)

 

Tinggalkan Balasan

