Don’t Judge book by its Cover

Kiasan lama yg nyuruh kita supaya nggak menilai orang dari ‘tampilan luarnya’ aja. Entah pakaian, fisik, mobil atau hal-hal fisikal lainnya. Kalo judgement kita bener, it won’t prove anything, apalagi kalo judgement yg kita lakuin salah, wah bisa mokal abis deh. 

Gue sendiri pernah sih salah nilai orang gara2 yg gue liat adalah ‘fisik’-nya doang, dan ampe sekarang kalo inget masih berasa nyesel gue gara2 my stupidity. But I’ve learned my lesson. Makanya kalo ada orang yg menurut gue ‘salah menilai’ gue gara2 penampilan gue, yah gue maklumin aja. Karena mungkin emang salah gue juga.

Waktu gue nge-base di Pendopo, SumSel, kantor gue pernah kedatangan orang Pemda yg lengkap pake jas dan emblem. Tuh orang (2 orang yg turun dari mobil) nyamperin gue yg saat itu lagi ‘dekil’ setelah ngutak-ngatik tool yg rusak.  Apa sih yg ada dibayangan orang2 kalo ngeliat ada orang pake kaos yg rada bolong, jeans kumel, tangan, muka ama pakaian semuanya kotor kena minyak. Yeah, kalo gue pasti mikir, nih orang pasti montir nih atau kelas2 kuli lah. Dan kebetulan ‘tamu’ yg dateng itu juga mikir yg sama. 

“Mana Bos kamu.! Saya mau ketemu…” ntuh orang ngomongnya sambil sisiran trus nggak ngeliatin gue lagi. “Hei..pimpinan kamu ada nggak.?” Orang kedua nanya setelah gue cuekin. 

“Oh, masuk aja pak…. itu kantornya….” jawab gue sambil nunjuk ke kantor. Dan kebetulan, ada operator gue yg pakaiannya rada necis, lagi ngobrol sama sekertaris gue. Dan, seperti kejadian yg udah2, tu orang keluar dari kantor, gue liat operator gue nunjuk ke arah gue, trus tuh dua orang nyamperin gue salaman, trus… 

“Anu, permisi pak,… kami pulang dulu,…. kami udah bilang ke sekertaris bapak kepentingan kami datang kesini…”“ Mari pak, permisi…..” kata orang kedua. Gak marah kok gue, malah seneng, soalnya gue jadi enteng aja nolak permohonan sumbangan yg diajuin mereka. Padahal tiap tahun, biasanya kantor gue nyumbang ke mereka. Tapi sejak itu, tahun2 besoknya gak pernah tuh mereka dateng lagi….. hehehehehehe….

2 Komentar (+add yours?)

  1. irfan...
    Mei 01, 2007 @ 07:56:25

    iyaaa lah. FSM nya aja gak pernah mandi gitu

    Balas

  2. prima1999
    Mei 01, 2007 @ 11:34:52

    Fan..
    Bukan nggak pernah mandi…. tapi “conserve water to save the earth”

    Balas

Tinggalkan Balasan

