Perjalanan Pertama Menembus Batas – 1

Sampe umur 23 tahun, jarak terjauh yang pernah gue capai dari rumah gue di Jakarta adalah Madura. Hampir semua kendaraan darat pernah gue cicipin, dari bemo, bajaj, sepeda, dokar, truk, mobil, motor, kereta,…. pokoknya dari roda dua, sampe roda banyak (roda satu doang yg kayaknya nggak pernah). Kendaraan air juga pernah jajal macem2, dari bebek-sepeda di taman ria, speed-boat, sampe kapal fery. 

Akhirnya, tanggal 18 Februari 2000, gue dapet kesempatan nginjek airport, dan bakalan jajal naek pesawat untuk pertama kalinya. Nggak tanggung2…langsung keluar negri, ke Venezuela.!  Urusan administratif sih udah dihandle kantor, kayak visa, paspor, tiket p.p., dan booking hotel disana. Tapi gimana detilnya..? Gak tau deh, yang penting belagu aja deh…Untung ada barengan 2 orang yg pernah travelling keluar negri. Aman..aman….  D-Day, malemnya gak bisa tidur walau kamar di Park Lane cukup nyaman. Siap2 berangkat, ngecek bawaan, trus mandi. Abis mandi ngetok kamar David dan Henry, ngajakin sarapan bareng di resto. Kok, sepi…ya udah nelpon dari receptionis aja.Ternyata mereka udah Check-out.!!

Gawat, berangkat ndiri dong ke airport…..untung supir taxi-nya tau jalan ke airport (ya wajarlah,..kalo gue pasti nyasar). Untung juga tuh supir tau dimana terminal buat KLM, jadi nggak nyasar ke terminal domestik. Nanya2 sama petugas berseragam, lebih dari 5 kali, sampe tau caranya check-in. Abis check-in, ketemu ama ‘dua kunyuk’ yg lagi ketawa2, katanya mereka liat tampang gue stress…sialan.

Pas mau ngelewatin imigrasi, ternyata petugasnya bilang kalo gue harus bayar fiscal dulu. Waduh, ‘fiskal’, mahluk apalagi tuh.!  “ woii..temen2, tung…gu”, wah percuma deh, tuh ‘kunyuks’ malah dadah2 sambil ketawa2. 

Sejuta rupiah …!! Kaget juga denger suruh bayar fiskal segitu. Gimana nggak kaget lha dari rumah cuman bawa duit dua juta perak…Belon sampe luar negri, tuh duit udah bekurang separonya. Mak, cukup nggak nih buat tiga bulan diluar negri.?  

Dua kunyuk ternyata nungguin gue di cafe. Pas pelayannya nanya, mau mesen apa, gue cuman bisa geleng2 aja dg lemes….. kepikir tuh duit tinggal 850rb, duuh…gimana nasib gue nih ntar. 

Untung dapet duduk di deket jendela, biar bisa liat pemandangan (walopun ntarnya kebanyakan tidur..). Akhirnya setelah kata sambutan dari kapten dan pesan-pesan di monitor kecil, pesawat pun take-off, duuh….kebelet pipiss…!!  Yah, akhirnya jadi bisa terbang juga nih…..walau masih heran, kenapa yg ada dibawah bangku tuh pelampung, bukannya parasut (khan jadi sama ama kapal laut.?). 

Ceritanya sambung besok ah….  

1 Komentar (+add yours?)

  1. Nana
    Nov 13, 2006 @ 00:56:13

    Pri, ceritanya jangan pake ‘bersambung besok’ gitu dong….kayak telenovela aja…mentang2 lagi di venezuela nih…hehehehehe…ato sengaja nih, supaya blognya dikunjungi tiap hari (biar nggak ilang lagi)???

    Balas

Tinggalkan Balasan

