Perjalanan pertama menembus batas – 2

Negara luar Indonesia pertama yg gue sambangin adalah Singapur, walau cuman sebatas Changi doang (maklum namanya juga Cuma transit). Trus pramugari juga ngingetin kalo semua barang dibawa karena yg melanjutkan perjalanan akan ganti pesawat, dan harus lapor ke petugas transit. Eaalahh, gimana lagi ini…! 

Di Changi, kembali gue ditinggal temen2 gak tau diri (inget david dan henry). Mereka sibuk hunting, belanja barang2 elektronik. Sedang gue, manyun aja karna duit didompet tinggal Rp.850rb. Akhirnya gue duduk2 di lounge yg ternyata khusus buat TKI/TKW.

Gue ketemu ama rombongan TKW dari PJTKI jawa timur yg mau jadi pekerja informal di singapur. Lounge yg disediakan buat mereka lumayan bagus, padahal kalo di cengkareng sendiri mereka cuman disuruh duduk2 di emper dan menjadi warga kelas tiga (bukan kelas dua lagi….). 

 Transit di Changi cuma 1 jam, cukup buat henry dapetin kamera canon, trus naek KLM lagi ke tujuan berikut, Amsterdam, belanda, tempatnya kumpeni.

Kirain gue doang yg norak naek pesawat, gak taunya ada yg lebih norak lagi … pramugarinya, abis jalan2 mulu, mending cakep.

Sempet kena omel sama pramugari gara2 pas gue mau pipis, nyari toilet gak ketemu-temu. Eh nggak sengaja malah buka gorden tempat pramugari bobok. Buset dah, ada yg tidur cuman pake bh aja. Padahal tuh pesawat dingin banget AC-nya. Tiba2 ada temennya yg langsung marah2 (nyangkain gue ngintip kali yah.? Huuuu, sok cakep.!). Untung si mbak marahnya pake bahasa belanda, jadinya gue nggak ngerti.

 Schipol, Amsterdam, gak tau jam berapa… soalnya diluar masih gelap (kayak mendung), padahal jam dinding nunjukin kalo itu udah jam 9. Dan, brrrr, dingin banget. David dan Henry langsung ngeluarin sweeter-nya, david malah lengkap sama syal dan kupluknya. Tapi gilanya, tuh anak bedua malah beli es krim…..gendeng.! 

Nggak ada kejadian spesial di schipol, paling gue misah ama temen2 gara2 mereka masuk cafe dan gue bilang kalo gue masih kenyang, dan pengen liat2 bandara schipol yg luasnya minta ampun itu. Jalan2 ampe nggak kerasa kalo udah mo boarding. Well, next destination, Caracas..! 

Venezuela, penghasil miss universe terbanyak. Tapi kok, gak cakep2 amat orang2 di sini (pada ngumpet kali, tau gue mau dateng..hehehe..). Untung ada yg jemput, driver cewek tapi mak.! Gak bisa bahasa inggris..!  Ya udah pake bahasa tarzan. Tetep nggak konek (gue tarsan indonesia, dia tarsan venezuela, mana bisa konek..). Tuh cewek gak taunya cuman nganter ke Hotel Hilton International Caracas. 

Biar kata namanya Hilton International, jangan harap ketemu petugas yg ngerti bahasa inggris. Wuah… ampe ngeden juga tetep aja tuh mreka pake bahasa spanyol. Eh, ada deh bahasa spanyol yg artinya sama ama bhs Ind, “gratis”, iyah…artinya sama. Gue juga kaget, waktu lagi tidur, tau2 denger ada yg teriak2, “gratis! Gratis!”, langsung bangun gue. Set dah, siapa yg ngomong.? Gak taunya ada iklan di tv (lupa gue matiin). Ampe kaget gue kirain cuman mimpi terbang ke venezuela. 

Ternyata buat nyampe ke tempat training tuh masih harus lanjut lagi naek pesawat domestik besok harinya. Dan ternyata, ada airport tax yg harus dibayar.Nggak gede sih, cuman 30rb bolivar, tapi gue khan Cuma punya rupiah..! Allah masih ngasih jalan… ada engineer cewek org amrik yg bawa tas bejibun, kayak mau pindahan aja, nah dia tuh ampe kena excess bagage $120 (busett..). Trus tuh petugas bilang supaya doi gabung aja bagagenya sama siapa gitu supaya bisa diakumulasiin. Entah kenapa kok dia ngelirik gue (sempet ge’er). Gue yg gak tau duduk persoalannya langsung dijelasin sama dia, dan dia ngajakin gabung bagasi. Gue setuju banget tapi gue juga minta tolong…. bayarin airport tax gue….. deal ! Akhirnya dia cuman bayar excess $10. Lha iya orang bawaan gue cuman laptop (gak masuk bagasi), sama tas punggung isi coverall dan 2 stel pakaian. Pantesan gue yg dilirik ama dia.

Tiga bulan ninggalin Indonesia, ninggalin si Cantik sama Bangorku yg masih kecil….Duh, bawaannya kangeeeen mulu.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: